Rabu, 24 Juli 2013

New Viktion Lightening Aki tekor Gak Bisa Hidup ??? Terus apa Gunanya Kick Stater


sistem pengisian strum Yamaha Viktion lama beda dengan NVL. Kali viktion pake 3 phase apabila aki tekor bisa dihidupkan dengan stater engkol (slah) kalo NVL pake 1 phase apabila aki tekor ya dorong belokan aki baru. Maybe pengapian 1 phase lebih murah dalam produksi.

(kelihatannya harus pikir dulu gantikan si T-RECK (tiger revo cruiser moto kece) dengan NVL)


Tidak adanya Kick Stater New (Vixion Lightening) memang menimbulkan polemik. Banyak biker beranggapan Yimm hanya cost down doang tanpa memikirkan belakangnya. Gimana kalau aki tekor ? Gimana kalau tombol start rusak ? Mau gak mau harus dorong dong .
Yimm sendiri beranggapan kalau motor tanpa kick stater itu tren motor canggih masa kini. Bisa di lihat Ninja 250 Fi, CBR 250, CBR 150, dan moge-moge terbaru memang di produksi tanpa kick stater. Kalau moge di atas setengah liter sih kalau di kasih kick stater bisa ambrol dengkule :-D .
Mengapa CBR 150 yang tanpa kick stater tidak di permasalahkan, tapi ketika New Vixion tanpa kick stater langsung ribut ??? Ada yang bisa jawab :-D
Ok kembali ke laptop. . . . Motor injeksi tentu bekerja menggunakan ECU. ECU bekerja menggunakan tegangan Catu. Tegangan Catu dihasilkan aki motor. Lha terus gimana bila aki motor tekor ? Bukankah tidak bisa mensuplay tegangan ke ECU motor ? Percuma dong walau dikasih kick stater, wong ECU nya aja gak hidup ? Yaahh,,, mungkin di sini lah alasan Yimm membuang kick stater. Menurut survey internal Yimm kick stater (konon) jarang dipakai. Yang penting Yimm menjamin Aki motor pada Vixion Ligtening lebih awet. Karena sudah menggunakan pengisian aki sistim cut off. Dimana pengisian akan secara otomatis OFF bila batteray sudah terisi FULL.
Berbeda dengan Honda, Walaupun nyomot  mesin dari CBR 150 yang notabene tanpa kick stater, mesin CB 150 R justru memasangkan kembali kick stater. Menurut saya pribadi ada dua alas an. Pertama, mengangakt mindset konsumen. Honda tahu kegelisahan konsumen bila motor tanpa kick stater. Ingat kasus Suzuki Thunder ??? Kedua,,, “Mungkin” ECU PGM FI Honda di design agar bisa bekerja pada tegangan rendah. Misalnya 5 V,,, pada tegangan ini mungkin stater elektrik sudah gak bisa bekerja. Akan tetapi ECU masih bisa bekerja, sehingga di engkolpun masih bisa hidup.
Catatan : Pendapat Yang kedua ini hanya pendapat pribadi saya , bukan rilis resmi dari Honda.
So… Menurut saya pribadi Motor tanpa kick stater gak masalah. Toh sudah injeksi. Jadi gak sesulit menghidupkan motor karbu di pagi hari. Yang penting rajin-rajin aja ngerawat aki motor (bukankah aki kering tanpa perawatan? Au ah,,,, ) :-D . Kalau mogok ya dorong. Gak seberat dorong ER6 inih :-D . Gimana menurut pendapat mas brow ???


sumber http://chozinahmad.wordpress.com/2012/11/06/motor-injeksi-aki-tekor-gak-bisa-hidup-terus-apa-gunanya-kick-stater/