Sabtu, 06 Juli 2013

HONDA CS 1 kelebihan + kekurangan


image
Tidak terasa sudah 2 tahun lamanya bersama CS1 yang dibeli second hand keluaran awal tahun 2008. Untuk ukuran motor yang menginjak usia 5 tahun alhamdulillah mesin turunan Sonic ini termasuk bandel, top speed yang pernah saya capai hanya 118km/h versi speedo CS1 karena lalu lintas yang padat dan nyali yang kurang.
Motor ini sangat nyaman dari segi posisi duduk dan handling, bahkan jauh lebih nyaman dibandingkan astrea legenda yang dulu saya punya dan Scoopy saya, dibawa macet punggung gak akan pegal, paling hanya tangan kiri aja yang agak pegal nahan kopling “̮♡h :ph :ph :p♡”̮ untuk masalah performa motor ini termasuk kencang untuk ukuran 125cc padahal downgrade. Sepertinya AHM sudah merancang sedemikian rupa motor ini agar aman dengan bensin RON 88 tanpa harus kehilangan banyak performa aslinya sonic, sayangnya dari segi timing pengapian agak lama untuk mencapai power maksimal 10.000rpm efek dari penyesuaian jenis bahan bakar RON88. Satu hal lainnya yang saya sukai dari motor ini adalah desain speedometer yang full digital, walau pun termasuk kecil tapi semua indikator yang diperlukan termasuk lengkap (kurang jam digital saja menurut saya). Konsumsi bensin termasuk boros untuk ukuran motor bebek, seandainya bagasi depan disulap jadi tangki bensin mungkin akan lebih baik. Getaran mesin cukup halus dibanding megapro primus dan tiger yang bikin tangan kesemutan.

imageBeberapa kekurangan yang termasuk bawaan dari motor ini adalah pindah gigi dari 1 ke 2 dan sebaliknya agak keras bahkan kadang bunyinya super “jedak!!!” Untuk masalah ini solusinya memakai oli yang pas, sebelumnya saya memakai Supreme XX perpindahan gigi sangat keras namun akselerasi nendang, kemudian karena tertarik dengan demo oli BM1 akhirnya saya mencoba yang SAE 15-50w SJ, oli ini untuk tarikan awal enak lembut tapi untuk naik diatas 8000rpm sangat berat, lalu saya coba BM1 SAE 10-40w SL lumayan ringan tapi sepertinya penguapan termasuk banyak. Oli BM1 ini menurut saya cocoknya buat motor dengan karakter overstroke yang banyak main di rpm bawah. Lalu saya mencoba motul gold 15-50 mesin adem dan perpindahan gigi termasuk halus, penasaran coba motul hi-tech SAE 10-40 malah sering selip kopling, rupanya oli mahal belum tentu cocok buat motor kita wkkwkkwk intinya cocok2an. Pada akhirnya saya mencoba AHM oil yang orange wow sangat cocok buat cs1 saya, penyakit pindah gigi keras hilang sama sekali dan tarikan sangat ringan walau mesin jadi berisik. Sesekali kalau mesin panas suka susah turun gigi.
Penyakit bawaan lainnya CS1 ini yaitu body belakang yang gak centre, entah swing arm atau memang quality control yang gak ketat saya tidak tahu, solusinya kayaknya harus senter bodi, nanti lha kapan2 saya senter bodi. Serta kualitas body secara keseluruhan cukup baik, hanya body antara visor dan stang yang kopong dan bergetar. Rantai cepat kendor dan rem cakram kurang pakem.
Untuk hal-hal aneh lainnya pernah satu kali saya alami gejala knocking pada saat mau akselerasi di gigi 2 bunyi “klok-klok” di mesin, ini terjadi pada saat saya terpaksa menggunakan premium karena pertamax habis. Selain itu juga pernah terjadi pindah gigi sendiri pada saat deselerasi gigi 4 tiba-tiba motor loncat langsung pindah gigi 5 wkwkwkwkk,,,
Kalau ada yang mau menambahkan seputar kelebihan dan kekurangan CS1 silahkan share dan diskusi


sumber rec303.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar