Sabtu, 06 Juli 2013

konsumsi BBM CS1, dibawa pecicilan cuma 35 kmpl pertamax

assalamu’alaikum wr. wb..
beberapa hari terakhir ini blog nggak ada tulisan-tulisan baru..sebenernya ada beberapa yang masih di draft, cuma karena belum lengkap dan nbsusanto seminggu ini nggak enak badan, alhasil cuma memantau aja..yah tapi tetep ada bahan tulisan setelah minggu lalu dipinjemi ceswan..dan nbsusanto pun memutuskan untuk ngetes konsumsi bbm motor ini.. :D


ceswan yang baru menempuh belum ada 3000 km dalam perjalanannya menyusuri aspal jogja *halah :mrgreen: * ini memang bikin penasaran berapa konsumsi bbm nya dan berapa top speednya..seringkali mengira-ngira kalo konsumsi bbm nya cuma tembus sekitar 40 km per liter dan bisa sedikit lebih irit kalo lebih kalem lagi..
dan akhirnya kesempatan tes konsumsi bbm ini dateng juga..waktu berangkat kuliah, mampir ke spbu dan si ceswan ini diisi pertamax sampai penuh..berikut odometer pada saat diisi penuh di awal :
kemudian si ceswan dibawa ke arah kampus..walaupun tes konsumsi bbm, tapi penggunaan tidak ala eco riding..malah gas dibetot lebih dalam dan tetep ekstrim.. > 10000 rpm bukanlah hal yang tabu, dan > 100 kpj kalo jalanan mendukung pun dijalankan.. :mrgreen:
oiya, kondisi mesin dan peranti lainnya standar, cuma kayaknya setelan gas lagi nggak normal..oli cuma SPX1..bobot rider < 60 kg..terakhir diservis pas puasa kemaren..
di perjalanan berangkat, cuma sekali menembus 100 kpj..walau begitu, gas tetep dibetot hingga mendekati red line..yang pasti mainan di atas rpm yang wajar lah.. :mrgreen: dan tentu saja setelah melompati ring road menemui jalanan macet..
siangnya sempet dibawa temen keluar..dan pulangnya nbsusanto bawa ceswan tetep nggak kalem..bahkan tetep pindah gear nglewati redline..sempat juga > 100 kpj nggak cuma sekali..pokoknya jarang lah main di rpm rendah..maklum daripada kelupaan malah ala eco riding kurang mencerminkan bbm yang dikonsumsi..toh kalo harian walau ekstrim, masih lebih waras dari saat tes ini.. :lol:
dan hasilnya..inilah cetakan struk saat beli pertamax lagi :

inilah odometer setelah si cs1 di top up :
kalo diitung : (2868,2-2811,2)/1,6 = 35,625 kilometer per liter pertamax..
wooh..kalo dibandingin konsumsi bbm si supra 125 disini…….jauh ya bedanya..dan memang terbukti kalo si ceswan lebih boros daripada si supra 125 dengan beda cukup jauh..tapi kalo urusan lari?ya supra 125 kalem aja lah..xixixi :mrgreen:
jujur nih, mungkin bagi sebagian orang, konsumsi bbm segitu masih cukup wajar, bahkan ada yang bilang irit..tapi bagi orang yang biasanya cuma numpak supra 125, tentu saja mencak-mencak liat borosnya.. :lol:
kalo diajak ala riding normal maupun eco riding mungkin bisa sedikit lebih irit..mungkin sih..tapi nggak tau juga..tuh si ceswan dibawa pemiliknya..walau dia ngebut, yakin deh dia nggak sewaton nbsusanto..mungkin besok kalo dia belum isi bbm lagi dan pas nbsusanto dapet sponsor buat menuhin tangki si ceswan dengan pertamax, boleh lah diitung lagi.. :D
sekian dan terima kasih.. :)
wassalamu’alaikum wr. wb..


sumber kankkunk