Sabtu, 06 Juli 2013

5 Mainan Langka, Nostalgia SD


 di antara kalian yang lahir di tahun '80 sampai '90-an awal? Nggak perlu malu lagi, enjoy your life aja! Soalnya kali ini kita akan bernostalgia dengan mainan jaman kita SD dulu, yang sekarang sudah menjadi 'langkah', bahkan entah kemana. Masih ingat nggak, apa aja? Yuk, simak 5 rangkuman berikut:



1. Gamebot

Siapa sih yang nggak kenal sama permainan satu ini? Hampir seluruh Indonesia pun tahu, bahkan dunia mungkin, terutama buat kalangan anak-anak SD di bawah era 2000. Nama asli dari permainan ini sebenarnya adalah Gameboy,cuma entah kenapa kita lebih mengenalnya dengan sebutan Gamebot. Kalau jaman dulu sih, paling sering kita temui di abang-abang jualan depan sekolah.



2. Tamagotchi

Ini nih, permainan favorit kita, pas jaman dulu, yang membuat kita belajar
juga gimana caranya menjadi 'majikan' yang baik buat hewan kesayangan kita nantinya. Namanya Tamagotchi, kita cuma perlu memeliharanya, dengan memberikan makanan, membersihkan kamar, sampai bermain bersama. Uniknya, tamagotchi ini juga bisa 'moody' layaknya manusia, bisa begitu menyenangkan, tapi ada kalanya juga jadi marah kalau nggak kita beri perhatian. udah kayak pacar aja, hehehe..
Dan yang paling, tamagotchi kita juga bisa mati, kalau nggak kita dengan baik. Pemeliharaan yang baik akan membuat tamagotchi tumbuh menjadi Oyajitch, lalu Nyorotchi (berbentuk ular) dan lainnya dengan sifat dan bentuk yang berbeda pula tentunya. Hal tersebut tergantung dari cara pemeliharaan kita, berat badannya dan suasana hatinya.
3. Boneka Kertas atau Bongkar Pasang

Kalau yang satu ini, jagoannya si anak-anak cewek nih, boneka kertas atau yang lebih dikenal dengan bongkar pasang. Ya, permainan ini merupakan semacam kertas karton bergambar barbie, sailormoon, dan tokoh Disney lainnya, lengkap dengan baju, perhiasan, bahkan sampai tempat tidurnya. Gambar-gambar tersebut digambar berjarak biar mudah dipotong dan dipasangi pakaian, tas, sesuai jalan cerita yang sedang dimainkan.



4. Tazos

Uniknya, meskipun mainan satu ini sengaja dibuat sebagai hadiah snack ringan tapi bisa jadi 'beken' banget bahkan favoritnya kala itu. Entah kenapa dulu, mengoleksi tazos merupakan satu hal yang begitu menarik buat setiap anak. Hingga saat itu sempat terjadi invansi besar-besaran dimana tazos mulai dipakai di seluruh dunia. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari lingkaran, segi delapan, segi empat, sampai lingkaran bergerigi yang lebih disuka, karena kita bisa membentuknya menjadi sesuatu. Kalau soal gambar, paling banak dengan karakter Looney Tunes, tapi tak ketinggalan juga ada Pokemon, The Simpsons, Star Wars, AFL dan NRL, Beyblades dan masih banyak lagi.
5. Gambaran atau Umbul

Kalau anak-anak cewek punya bongkar pasang, anak-anak cowok pun nggak mau kalah dengan gambaran atau umbul sebagai mainan andalan mereka. Terbuat dari bahan kertas yang serupa dengan bongkar pasang, hanya saja yang gambarnya lebih kepada para toko pahlawan baik dalam dunia kartun atau perfilman, seperti karakter Dragon Ball, Superman, Spiderman, Batman dan lainnya. Satu hal lagi, yang unik dan identiknya dengan mainan ini, satu sisi gambarnya merupakan rambu-rambu lalu lintas.

sumber clear