Sabtu, 06 Juli 2013

perbandingan kompresi dari Supra X 125 NF 125 SD / SC 9,3:1 NF 125 TD / TR turun 9,0:1

Supra X 125, bebek dari pabrikan sayap mengepak yang telah mengaspal di jalanan Indonesia selama kurang lebih 7 tahun..tentu saja,  selama masa itu telah terjadi beberapa kali refreshment, mulai dari stripping hingga perubahan bodi..kali ini akan dibahas perbedaan Supra 125 tahun 2005-2007 dan Supra 125 tahun 2007-sekarang..pada tahun 2007, AHM melakukan penyegaran dengan mendiscontinue Supra berkode NF 125 SD/SC dan menggantinya NF 125 TD/TR dengan harga turun..gambar atas adalah SC sementara gambar bawah adalah TR..


hal yang pertama tampak jika dilihat dari depan adalah pada headlampnya..dimana NF 125 SD dan SC menganut single headlamp 35 watt, sementara itu NF 125 TD dan TR menggunakan double headlamp @18 watt..hasilnya?inilah penuturan dari seorang sedulur koboys, “HSX 125 pertama lampu head lamp 35wat… tapi uniknya di depan lampu dikasih lensa biar terang lebih fokus… nah ning HSX 125 baru yang adopsi 2 lampu…. fitur lensa ini dikorupsi….


berikutnya pada sisi pewarnaan mesin, dimana NF 125 SD/SC cenderung ke arah warna metal, sementara NF 125 TD/TR menggunakan warna hitam..menurut beberapa sumber, warna hitam lebih hemat biaya walau terkesan sporty juga..


hal berikutnya adalah pada bagian lampu belakang, dimana pada NF 125 SD/SC terdapat pemantul cahaya yang cukup bermanfaat jika lampu belakang mati dengan posisi terletak di bawah lampu, sementara itu pada NF 125 TD/TR pemantul cahaya terletak pada kaca lampu belakang..efek bentuk pun berbeda..


berikutnya adalah pada bagian knalpot..terjadi perubahan yang cukup signifikan disini, dimana NF 125 SD/SC menggunakan bentuk yang sama dengan milik Karisma series yang terkesan kalem..sementara itu NF 125 TD/TR memakai knalpot menyerupai punya Nova Sonic..lebih terkesan sporty memang..


selanjutnya pada bagian peranti rem belakang..pada seri NF 125 SD/SC masih berupa rem tromol..sementara itu pada NF 125 TR sudah cakram belakang dan NF 125 TD tetap tromol..


hal terakhir, ini yang cukup menggelitik, hanya saja kali ini didapat dari buku pedoman pemilik..mungkin ini yang sedikit bisa menjawab kenapa harga juga turun..jika diperhatikan, perbandingan kompresi dari Supra X 125 berubah..pada seri NF 125 SD maupun SC mempunyai perbandingan kompresi 9,3:1 sedangkan pada seri NF 125 TD dan TR telah diturunkan menjadi 9,0:1..nbs juga dapet ilmu dari bro yang komentar disinikompresi turun=part2 menjadi lebih ringan bebannya. Part yang nggak terlalu kuat=pengurangan biaya produksi.” oooo..ternyata begitu to?pantes..




ngomongin tarikannya juga sedikit lebih galak SC dibanding TR..ibu juga bilang kalo bensin si TR sedikit lebih boros dari si SC..lhoooo?ternyata sejauh itu juga to efek harga turun?walau jujur, TR terlihat meruncing dan cenderung sporty dan SC lebih membulat dan cenderung elegan..
biarpun berbeda, tak peduli supra lawas, supra baru maupun motor lain, tetep harus saling menjaga brotherhood di jalanan maupun di luar jalanan..saling menghormati dan sopan.. salam satu aspal.. :D


sumber kankkunk.wordpress.com