Jumat, 16 Agustus 2013

Pake laher bambu, Ban Belakang New Megapro atau Tiger Geal Geol



Ternyata bukan cuma saya saja yang merasakan gejala dangdutan diban balakang alias geal geol gak karuan pada saat melibas jalur permukaan dari jalur rendah pindah ke jalur tinggi yang saya rasakan bukan seperti ban kempis tapi malah ban mau copot dari armnya sering nahan ati dengan kejadian seperti ini pernah saat riding membawa barang ditangan yang akhirnya mau gak mau riding hanya memakai 1 tangan dan tangan satunya membawa barang yang sesekali juga untuk menarik handel kopling, nah saat itu juga sedang ada pada jalur permukaan rendah posisinya lebih kiri dari permukaan tinggi dan pindah ke permukaan jalur tinggi tiba tiba stang malah banting sendiri ke arah jalur kiri untung aja posisi kiri gak ada kendaraan lain.
Setelah itu berhenti sejenak dipinggir jalan guna meratapi nasib apa yang menimpaku kok sampe sampe motor bisa banting stir sendiri apa jangan jangan tadi tempat angker??? heheheheh….saat itu masih pake megapro lama.
Saat itu juga langsung curiga sama as swing armnya pasti ada yang aneh dan setelah itu mondar mandir kebengkel Ahass maupun bengkel langganan pinggir jalan dan tetep hasilnya pun nihil gejala dangdutan masih ada seperti betah nempel di as yang saya bingung harus apa lagi, akhirnya bosan dengan cara apa lagi yaudah biarin ajalah yang penting kita harus hindari dari keadaan yang tadi dengan cara memegang erat stang.
Singkat cerita gejala dangdutan pun ilang seraya karena mp lama udah diganti sama yang ada embel embel “new” setelah pemakaian setengah tahun timbul gejala seperti itu lagi yang saya heran dengan motor merk sama masalah juga masih sama ya ampun tobat dah kalo begini search digoogle ketemu penyebabnya seperti yang dikutip NSS dari MotorPlus memang masalahnya diseputar as arm karena menggunakan bahan plastik dan bos besi sesuai standar pabrik dianggap terlalu rigid dan tidak tahan lama/mudah oblak. yang ujung ujungnnya dangdutan gejala ini lumrah di alami Tiger maupun Megapro series.
Solusi terbaik ganti laher bambu
Untuk mengganti bos arm Tiger contohnya harus menyediakan laher bambu agak banyak. Laher bambu ukuran kecil Kodenya HK1412 dijual Rp 15 ribu satu bijinya untuk satu sisi butuh 4  Kalau kanan-kiri berarti 8 x Rp 15.000 = Rp 120. 000.
Laher bambu kecil ini bagian dalamnya akan bersentuhan langsung dengan poros swing arm. Sedangkan bagian luarnya akan bertemu dengan laher gede yang juga akan bersentuhan langsung dengan lubang lengan ayun.
Laher besar yang harus disediakan sebanyak 6 biji Sebelah kiri perlu 3 laher dan kanan 3 laher harganya 6 x Rp 15.000 = Rp 90.000 kode laher bambu besar HK2016.
Pemasangannya pun mudah ternyata pasang dulu laher  yang gede berjumlah 3 kiri dan 3 kanan ke arm posisikan biar senter stelah itu pasang laher yang kecil jumlahnya 4 kiri 4 kanan pasang didalam laher yang 3 tadi pemasangannya pun dibarengi gemuk biar ga seret nantinya. gejala dangdutan pun berakhir…..nantinya NSS juga mau coba kalo ada waktu saya review…….(Neo SS)


co pas dari http://skullsmokers.wordpress.com/2011/08/20/ban-belakang-new-megapro-atau-tiger-geal-geol-lumrah-kah/