Jumat, 16 Agustus 2013

Atasi cakram masuk angin tanpa buka nipel kaliper, cukup buka tutup master rem & kocok

Ada kalanya proses pergantian Fluida atau mengganti minyak rem akan membuat udara masuk ke dalam master,selang dan kaliper bersamaan saat fluida dibuang ini diakibatkan karena proses alami karena master bekerja dengan dorongan atau pompa nah proses seperti pasti ada hubungannya dengan udara.
Nah langsung ke judul saja, untuk mengatasi udara yang masuk dalam komponen mau tidak mau kita harus memompa/mengocok handel rem berulang kali disertai dengan buka tutup nipel agar udara bisa keluar karena tertekan cairan fluida terus menerus.
Percaya gak percaya masbro bahwa ada cara yang lebih gampang lagi ketimbang buka tutup nipel membuat tangan kita ekstra kerja keras dua duanya tangan kiri memompa tangan kanan buka tutup nipel, nah caranya sebagai berikut.
  1. Reservoir biarkan dalam keadaan terbuka.
  2. Tutup nipel biarkan ketutup.
  3. Pompa handel terus menerus sampai ada gelembung2 udara keluar dari bawah.
  4. Jika gelembung gelembung sudah muncul dari bawah sudah dipastikan cairan fluidapun akan berkurang dengan sendirinya.
  5. Tambahkan cairan fluida jika dibatas lower ingat masbro lakukanlah pompa handel berulang kali sampa handel terasa keras.
  6. Jika handel sudah terasa keras lihatlah masih ada tidak gelembung udara yang keluar dari bawah jika masih teruslah memompa.
  7. Bila gelembung sudah gak keluar lagi disertai handel yang keras berarti prosesnya sudah selesai.
Gelembung udara keluar dari dalam master (bawah reservoir)
Cara ini berhasil dilakukan jika selang dalam keadaan vertikal (misal rem depan) jikalau dicoba di selang keadaan horisontal (rem belakang/cakram) NSS rasa akan sia sia saja, ini disebabkan massa udara yang lebih ringan ketimbang cairan jadi akan memaksa udara keluar keatas nah untuk selang rem belakang berbentuk vertikal akan susah sekali karena jalur selang berbentuk lurus kesamping yang akan membuat udara hanya nyangkut diatas bagian selang, untuk rem cakram belakang lakukanlah buka tutup nipel seperti biasa. Semoga berguna….

co pas dari http://skullsmokers.wordpress.com/2011/11/09/kocok-rem-cakram-depan-nggak-usah-buka-tutup-nipel/