Kamis, 07 November 2013

Aprilia Bakal Turun MotoGP Musim 2016 Sebagai Tim Pabrikan



Terinspirasi dari prestasinya di ajang World Superbike WSBK, rupanya Aprilia kembali menaruh minat pada balap motor terkencang sejagat, MotoGP pada 2016. “Kami punya dua tahun untuk bekerja keras. Tujuannya adalah menang, seperti yang kami lakukan di Superbike,” ujar Roberto Colaninno, chairman Piaggio, induk perusahaan Aprilia di sela-sela pameran motor di Milan, Italia.

Aprilia bukan pemain baru di MotoGP. Terakhir, pada 2004 Aprilia masih beroperasi sebagai tim pabrikan di MotoGP dengan pembalap Shane Bryne dan Jeremy McWilliams. Motornya, RS Cube Prototype bermesin 3 silinder. Namun karena masalah finansial, Aprilia merupakan pabrikan pertama yang mundur dari MotoGP era 4-Tak yang kemudian diikuti Kawasaki dan Suzuki.

Akan tetapi, Aprilia menyokong gelaran lewat kelas CRT, merupakan motor versi modifikasi dari superbike RSV4. Tim ART (Aspar Racing Team) pun mendominasi musim 2013 ini lewat Aleix Espargaro.

Ada beberapa spekulasi mengenai kembalinya Aprilia sebagai tim pabrikan. Kemungkinan besar adalah karena hengkangnya Gigi Dall’Igna ke Ducati. Sementara tim Aspar Cardion AB akhirnya pindah ke Honda Production Racer karena tidak adanya kepastian Aprilia saat masih di bawah komando Dall’Igna.

Dengan masuk sebagai tim pabrikan, berdasarkan regulasi Aprilia jelas diuntungkan boleh memakai ECU sendiri dibanding CRT. Namun juga dibatasi pemakaian bahan bakar lebih sedikit 4 liter, plus penggunaan mesin maksimal 5 unit setahun dibanding 12 mesin buat tim CRT. Nah, itu kan regulasi saat ini. Bisa berubah buat 2016 kan! (otosport.co.id)