Jumat, 08 November 2013

10. Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding Verza

1.  Harga pasti beda

 Honda Verza 150

 

2.  Model Pasti Beda

Honda India meluncurkan Honda CB Trigger 150. Motor sport terbaru ini memiliki beberapa persamaan dengan Honda Verza.
8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaSama-sama mengusung mesin DOHC berkapasitas 150cc, keduanya ibarat saudara kembar yang terpisah daratan dan lautan. Namun bagaimana sosoknya sebenarnya?
Apakah benar keduanya memiliki kemiripan yang banyak, lantas mana yang lebih unggul? Langsung saja simak ulasan selengkapnya


3. Headlamp

8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaDari segi face secara keseluruhan keduanya sama-sama terlihat sporty dan dinamis. Namun jelas ada perbedaan desainnya, Honda Verza lebih bergaya simple jika dibanding CB Trigger 150. Desainnya memiliki garis lekukan yang lebih berotot dan garang.


8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding Verza4. Spedometer

Dari tampilan speedometer keduanya bisa dikatakan jauh berbeda. Jika Verza masih memadukan indikator analog (jarum) dengan indikator digital, justru CB Trigger menggunakan full indikator digital. Satu lagi, desain speedometer CB Trigger terlihat lebih futuristik dan dinamis.

5. Tanki

Desan kedua tangki mereka pun sangat berbeda. CB Trigger 150 memiliki desain yang lebih kekar dan berotot jika dibandingkan dengan Verza. Jika kita perhatikan secara seksama, tangki CB Trigger lebih mirip atau mendekati desain tangki Yamaha Byson (Indonesia).
8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaAir fin yang berfungsi mengoptimalkan sirkulasi udara dan aerodinamika keduanya pun berbeda. Jika pada Verza menggunakan model baru (lebih lebar)-mirip air fin Honda Tiger Revolution terbaru, justru CB Trigger menggunakan desain lebih kecil yang hampir mirip dengan air fin Honda Tiger 2000/Cruiser (Indonesia).
Tangki Verza
Air fin Honda Tiger 2006-CB Trigger 150Tangki Yamaha Byson-Tangki Honda CB Trigger
Untuk kapasitasnya keduanya hampir sama yakni 12 liter untuk CB Trigger dan 12,2 liter untuk Verza.

 6. Mesin

Perbedaan mendasar yakni Honda CB Trigger 150 masih menggunakan perangkat karburator, sedangkan Honda Verza sudah injeksi (PGM-FI). Dari segi kapasitas mesin, keduanya mengusung mesin 150cc, DOHC, air cooled, 4-katub. 8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaNamun, performa mesin keduanya tidak jauh berbeda jika CB Trigger bertenaga 14 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak 12,5 Nm pada 6500 rm, Verza bertenaga 13,2 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak 12,7 Nm pada 6000 rpm.
Dari jumlah gigi transmisi, keduanya mempunyai 5-percepatan manual.


7.  Suspensi / sokbreker

8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding Verza
Satu hal lagi yang membedakan keduanya yakni perangkat suspensi yang menempel. CB Trigger menggunakan teleskopik pada sektor depan (masih sama dengan Verza) dan monoshock pada sektor belakang.
Sedangkan pada Verza, suspensi belakang masih menggunakan double-suspensi.


 8. Stoplamp & tampilan Buritan

8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaDari segi desain buritan keduanya sama mengusung bentuk meruncing. Perbedaannya terletak pada detail lekukannya, dimana Verza terlihat lebih simple daripada CB Trigger.
Selain itu, desain lampu CB Trigger bertingkat yang sudah menggunakan perangkat LED, lain halnya dengan Verza.
Buritan CB Trigger-Verza 

 9. Roda & Rem

8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding Verza
Rem CBS Honda CB Trigger 150Perbedaan lainnya yang mencolok antara keduanya yakni penggunaan perangkat rem. Dimana pada sektor belakang, CB Trigger sudah menggunakan disc-brake (rem cakram), sedangkan Verza masih menggunakan rem tromol (drum).
Satu lagi keunggulan CB Trigger yakni sudah menggunakan teknologi CBS (Combi Brake System) seperti halnya pada varian matik Honda Vario Techno CBS. Untuk rem depan pun menggunakan double-piston.
Dari segi ukuran rodanya, CB Trigger berroda depan 80/100/17 dan 110/80/17, sedangkan Verza beroda depan 80/100/17 dan sedikit berbeda pada roda belakangnya yakni 100/90/17. Yang keduanya sama-sama menggunakan jenis ban tubeless.


  10.   Knalpot

Nampaknya guna menekan harga Verza yang terjangkau Honda Indonesia tidak mau 'bermain-main kreasi' pada sektor ini, bentuk simple tetap menjadi unggulannya.
8 Keunggulan Honda CB Trigger Dibanding VerzaLain halnya dengan CB Trigger yang memiliki bentuk knalpot yang lebih sporty dan futuristik, berbentuk sedikit boxy (kotak) dengan dimensi lebih besar.
Namun keduanya sama-sama terlihat sporty lantaran menggunakan warna cover pelindung dan knalpot warna hitam gelap.