Kamis, 02 April 2015

Pasang stiker / skotlite bodi menyesuaikan warna STNK : Suzuki Shogun 110 berubah jadi bebek trail / odong – odong ( part 9 )

pada saat membangun motor ini saya ingin berganti warna menjadi orange / oranye taopi setelah berguru pada sora yg dinas di polantas saya mendapat teguran kalo bisa warna sesuai STNK, kalo mo ganti warna harus ganti STNK & BPKB mending besuk ja kalo 5 tahunan gantinya.

akhirnya saya kembalikan ke warna asal tp sedikit melenceng dengan warna stiker merah dof dan aksen logo axosport.
berikut tampilanya sebelum dan sesudah.


saat pemasangan selalu ditemani jagoan kecil saya SULTHAN AKMAL.



 Tahab pertama saya belikan 50 cm warna merah dof harga Rp. 7500 hitam 20 cm Rp. 3000 putih lis silver Rp. 6000. setelah terpasang ternyata hanya cukup untuk kedok lampu, sepatbor depan & blkng.


selanjutnya saya belikan lagi warna merah 50 cm & putih dop 50 cm untuk tangki & box aki kiri kanan.

tambahan logo axosport saya donlud dinternet, prin dikertas, tempel diskotle bagian belakang & digunting seperti kita belajar origami masa TK.








percobaan pertama saya pasang menggunakan air sabun. GAGAL tidak mau menempel. setelah itu saya pasang langsung dengan dibantu korek api. hasinya ya memang tidak sebagus kita pasang ditukang stiker. tappi selisihnya bisa buat beli susu bidadari & jagoan 2 kotak.


 berikut cara pemasangan skotlet sesuai petunjuk jieloeart.blogspot.com (tetapi saya tidak laksanakan semuanya ) :


 

pertama..sediakan bahan yang akan di pasang(secotelite/list )sesuakan ukuran dengan bidang yang akan di tempel....


siapkan alat alat yang mendukung,,,,,
-pisau cutter/silet jga busa ....
-gunting
-korek gas/hardyer
-lap bersih
-semprotan/bisa jga semprotan burung
-air bersih/bisa jga di campur shampo/

langkah langkah pengerjaanya....

1.bersihkan media dengan cara menyemprotkan air sampo ke boddy motor /media yg akan di pasang.
2.lap dengan kain yang bersih.pastikan media tersebut terbebas dari debu atau minyak ..karna penting dan mempengaruhi kualitas hasil pemasangan.
3.ambil list mal ukuran nya,usahakan list lebih besar agar lebih mudah...
4.tempelkan dari sebelah kanan dulu/tengah jga bisa tergantung media yang akan kita pasang...usahakan saat memasang jangan sampai menggelembung..jika pemula pelan2 saja,,,,
jika mendapati dasaran yang cembung,,kita panaskan dengan korek gas..tp jangan terlalu d tarik karna jika terlalu di tarik plastik list dalam jangka waktu tertentu akan kembali dan itu akan mengurangi kualitas pemasangan kita,,,
5.setelah semuanya selesai terpasang kita busa potong dengan menggunakan pisau cutter ..usahakan saat memotong jangan terlalu d tekan karna akan menggores boddy....
6.setelah yakin pemassangan memuaskan periksa kembali ,,jangan2 ada yang menyimpan angin,,,jika terjadi hal tersebut kita bisa tusuk dengan cutter/jarum dan kita panaskan lalu usap agar anginya keluar,,,,
perlu di ingat,,,usahakan dalam setiap menyambung berada di daerah yang siku,,dan bertumpangan _+ 1mm,,,intinya agar sambungan tersebut tidak terlalu terlihat dan tidak gampang mengelupas....



adapun dampak buruknya dapat dilihat di  otozones.blogspot.com 





3 Efek Buruk Memasang Scotlite atau Sticker Pada Motor ---Scotlite (skotlet) saat ini mnejadi tren bagi pemilik sepeda motor. Banyak sepeda motor baru yang masih menggunakan plat putih sudah dilapisi Scotlite seluruh bodinya. Berbagai alasan tentang pemasangan ini bermunculan. Ada yang menganggap tampilam sepeda motornya tampah menarik, ada pula yang berasumsi dengan Scotlite bisa meminimalisir gores pada bodi sepeda motor kesayang. Benarkah demikian?

Tempat pemasangan Scotlite atau sticker pelapis pada bagian sepeda motor banyak kita temui di pinggir jalan. Usaha yang dijalankan dengan menggunakan peralatan seadanya ini laris manis. Cukup dengan pisau cutter, korek, ataupun pemanas (high dryer). Hasil dari masing-masing tukang pasang Scotlite ini juga berbeda-beda, Ada yang rapi dan ada juga yang terkesan asal-asalan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa meninggalkan bekas pada body motor kita. Lalu, apa saja dampak buruk pemasangan Scotlite pada sepeda motor kita?

DAMPAK BURUK MEMASANG SCOTLITE
  • Jika kamu amati lebih lanjut, pemasangan Scotlite yang menggunakan pisau cutter terkadang bisa menimbulkan bekas goresan pisau pada bagian motor. Goresan cutter ini timbul dan baru terlihat dengan jelas jika Scotlite yang kita pasang dilepas. memang untuk menghilangkannya terbilang gampang, namun tetap saja menjadi dampak kurang bagus bagi sepeda motor kesayangan.
  • Dari beberapa kasus pada beberapa jenis cat sepeda motor, saat Scotlite yang kita rasa sudah usang dan mencoba dilepas untuk diganti yang baru, terkadang ikut mengangkat cat motor kesayangan. Hal ini memang jarang terjadi, namun bekas lem Scotlitepastinya sangat mengganggu warna cat motor kita yang terlihat menjadi kusam. Dan jika salah cara membersihkannya bisa berdampak kepada cat motor kesayangan.
  • Ada yang pernah ditilang karena memasang Scotlite? Pada sebagian daerah, polantas terkadang menilang sepeda motor yang memasang Scotlite atau kaca film pada lampu sepeda motornya. Bahkan memasang Scotlite pada bagian body hingga menutupi dan merubah warna asli body juga sering menjadi masalah. Oleh karena itu, disarankan untuk memasang warna Scotlite yang senada dengan warna body. Karena saat ini banyak sekali sepeda motor yang misalnya berwarna biru, lalu menutupi seuruh body motornya hingga berubah warna menjadi hitam. Ini tentunya akan berdampak buruk terhadap aturan.
- See more at: http://otozones.blogspot.com/2015/01/dampak-buruk-memasang-scotlite-pada.html#sthash.hszP9JYC.dpuf