Kamis, 02 Januari 2014

Honda CS1 150 DOHC PGMFi

dapat gambar + artikel dari motogokil.com/2013
CS1 150cc [Sumber : http://www.welovehonda.com/cs1-swap-engine-cbr]
Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.
Pagi tadi sampai malam ini terjadi kebakaran (kobong) di blog nya Kang IWB yang membocorkan informasi mengenai berjalannya proyek pengembangan CS1 bermesin 150cc. Manurut ane engine yang akan dicangkokkan sangat mungkin 150cc DOHC pgmfi (engine-nya cb150r), sebagai langkah paling murah untuk diferensiasi. Prediksi ane, “AHM dalam upaya menumbangkan yamaha sebagai penguasa pasar motor sport tahun, akan mengeroyok NVL dengan menggunakan motor sport berbasis engine cbr150″.
diferensiasi cbr150 engine
Usaha menghadirkan CS1 150cc selain mengeroyok NVL, bisa juga menjadi penghadang laju penjualan satria fu juga jmx. Kalau ane sih seneng saja, tapi sepertinya kurang setuju kalo bebek diberi mesin high performance 150 cc dohc.
Dan hal ini hampir mustahil dilakukan ahm, karena honda sangat memperhatikan safety bagi penggunanya. Dengan mesin 125 cc aja, cs1 sudah membahayakan, apalagi 150 cc dohc. Padahal cs1 termasuk bebek paling berat, tapi tetep saja jika dibawa pada kecepatan di atas 120 kpj, sudah mulai goyang2 nggak stabil. Bayangkan jika dipasangin mesin dohc 150 cc, bisa2 pada tewas. Siapa yang tewas ??
Yang tewas adalah :
  1. Ridernya bro, karena topspeednya bisa sama dengan cb150r, diatas 135 kpj, sedangkan bodinya bagaimanapun masih bebek, ngerii.
  2. Rival-nya, nah inilah yang menyebabkan fansboy kalang-kabut, bisa jadi pabrikan yang lain juga ketar-ketir.
Jadi hampir tidak mungkin ahm/honda bikin bebek 150 cc, hal ini demi kebaikan user-nya juga. Engine cb150r saja dikebiri, demi keselamatan user, mana mungkin mau dipasang di frame bebek. Kalaupun dipasangkan, maka dapat dipastikan power bakalan di-downgrade habis, lebih parah dari engine-nya cb150r. Frame-nya akan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga diusahakan agar bener2 stabil, dan dapat dipastikan bannya gede2.
Itulah yang bisa dibayangkan jika cs1 reborn hadir.

sumber http://motogokil.com/2013/12/26/cs1-150-dohc-pgmfi-banyak-yang-suka-tapi-kecil-kemungkinannya-terwujud/