Sabtu, 28 September 2013

Kepingi KIA Carnival teliti sebelum Membeli bukan berarti harga murah banyak masalah tapi butuh kejelian

 Kepingi KIA Carnival teliti sebelum Membeli bukan berarti harga murah banyak masalah tapi butuh kejelian


Mengenal Mobil Bekas KIA Carnival dan Problemnya



Mobil123.com - Selain dari pabrikan Jepang, untuk memilih mobil keluarga tidak ada salahnya melirik merk dari Korea Selatan: KIA. Dengan dana kurang dari Rp. 100 juta, Anda bisa mendapatkan KIA Carnival, MPV bongsor yang nyaman buat perjalanan sekeluarga.

KIA CarnivalSelain mobil bekas Toyota Kijang, Mitsubishi Kuda, atau bahkan Suzuki Carry, untuk harga Rp. 55 juta hingga Rp. 85 jutaan, maka mobil keluarga yang patut dilirik satu diantaranya KIA Carnival. Namun perlu dicermati seluk beluk tentang KIA Carnival sebelum Anda membelinya, apalagi jika Anda tengah mencari mobil untuk kebutuhan mudik lebaran nanti bersama keluarga biar tidak menjadi petaka ditengah perjalanan.

KIA Mobil Indonesia memperkenalkan KIA Carnival pada akhir 1998 hingga awal 2000-an. KIA Carnival yang saat itu didatangkan impor utuh dari Korea Selatan mampu menghadirkan fitur di atas rata-rata pesainnya dari Jepang. Varian yang ditawarkan yakni mesin bensin DOHC 2500cc V6 berdaya 162 HP dengan torsi 222 Nm dan mesin diesel turbo DOHC 3.0-liter with intercooler. Pilihan transmisinya ada manual serta otomatis.

KIA Carnival

Dibanding Toyota Kijang atau Mitsubishi Kuda, pada eranya KIA Carnival banyak memberikan fitur menggoda, di antaranya rem dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System), Dual SRS Airbags, Cruise Control, kursi baris kedua bermekanisme captain seat dengan pengaturan electric, meja lipat pada belakang jok baris pertama, kaca spion dengan pengaturan elektrik, adjustable streering, AC dual zone, hingga sunroof dan jendela belakang yang bisa diatur bukaannya secara elektrik.

Namun, mencari KIA Carnival dengan kondisi prima bukanlah pekerjaan mudah. Jangan terlalu percaya dengan tampilan fisik luar mobil ataupun rayuan pemilik dealer yang menjual mobil ini. Spesifikasi yang bertaraf internasional ternyata memiliki problem tersendiri jika pemilik KIA Carnival sebelumnya tidak merawat mobil dengan benar.

Jika terpikat dengan fitur KIA Carnival sebaiknya periksa dengan teliti kondisi mobil. Pertama-tama cek mekanisme pintu geser untuk penumpang belakang. Apakah pintu masih bisa dibuka dengan mudah dan pintu dapat menutup rapat rata dengan bodi. Jika pintu sudah terasa berat untuk dibuka atau ditutup atau ketika tertutup seperti ada celah dengan bagian bodi lain, Anda patut waspada karena artinya mekanisme sliding door sudah tidak berfungsi normal. Selain itu periksa juga kondisi interior termasuk sunroof. Cek apakah interior masih prima, kulit jok tidak sobek-sobek, sabuk pengaman masih rapih, dan sunroof sanggup tertutup sempurna sehingga tidak memungkinkan air hujan masuk ke dalam kabin.

Pemeriksaan selanjutnya perhatikan sistem kelistrikan mobil. Masukkan anak kunci dan putar ke tombol switch on (tapi jangan sampai mesin menyala). Perhatikan apakah semua indikator fitur pada meter cluster menyala (seperti ABS, Oli, Baterai dsb). Jika ada yang tidak menyala merupakan nilai minus untuk mboil tersebut. Cek juga sistem elektrik pada jok baris kedua apakah masih berfungsi normal. Terakhir cek motor antena radio apakah masih bisa naik turun otomatis saat audio system dinyalahkan, serta periksa juga pengaturan kaca jendela belakang apakah masih bisa diatur secara electric atau sudah rusak.

KIA Carnival

Langkah terakhir dan yang paling penting, nyalahkan mesin dan perhatikan kondisi mesin. Dengarkan suara mesin, jika terdengar kasar dan ada bunyi ngelitik, bisa dipastikan mesin bermasalah. KIA Carnival disarankan mengkonsumsi bahan bakar dengan RON diatas 90, jika pemilik sebelumnya menjejalkan mobil dengan BBM jenis Premium atau Solar biasa, maka mesin akan ngelitik dan terdengar kasar. KIA Carnival produksi awal juga punya keluhan seal yang tidak sempurna sehingga menyebabkan oli tercampur dengan radiator atau menetes. Karenanya cek apakah ada kebocoran oli, sebab jika ada yang tidak beres bisa menyebabkan mesin over heat dan merembet ke masalah mesin lainnya. Mobil pun diapstikab bakal sering mondar mandir ke bengkel.

Jangan sungkan lakukan test drive. Rasakan, bila stir terasa getar atau transmisi terasa menghentak atau malah responnya telat (khusus transmisi matik) ketika berpindah gigi, maka dipastikan ada masalah pada mesin dan Anda butuh biaya banyak guna memperbaikinya. KIA carnival terkenal akan kabin  yang kedap suara, karena itu jika mobil terdengar banyak bunyi-bunyian urungkan membeli karena itu pertanda ada masalah pada kaki-kaki. Tes juga fungsi rem. Banyak pemilik KIA Carnival yang mengeluhkan rem kurang pakem terutama setelah terkena air saat hujan. Bila kondisi demikian terjadi, Anda wajib mengeluarkan dana ekstra jutaan rupiah untuk servis perangkat tersebut.

Di bursa penjual mobil bekas, KIA Karnival cukup banyak beredar, mulai dari keluaran 1999 hingga 2005. Tapi sekali lagi pesan kami, teliti benar sebelum membeli. Jika ada yang salah dengan mobil ini terutama pada bagaian mesin, maka Anda akan membutuhkan banyak biaya perbaikan mobil. Tapi kalau Anda mendapatkan mobil KIA carnival dalam keadaan prima, Anda bisa menikmati mobil keluarga kaya fitur dengan kabin yang sangat lega.

 sumber http://www.mobil123.com/berita-otomotif-mengenal-mobil-bekas-kia-carnival-dan-problemnya-1773-id.html

Hampir setahun James BOns gak bikin artikel tentang si KIA Carnival, ee sekarang dah turun drastis, bahkan bisa dibilang lebih murah dari Blazer. Ya bayangkan Carnival lansiran 2001 hanya ditawarkan 58 juta, padahal Blazer tahun segitu masih manteb di 65 juta gan. Lebih parah lagi ada yang tahun 2002 masak cuman ditawarin 55 jeti, mmm menggiurkan. Padahal jozz lho gan mobil ini,  luas, manteb, dan tenaga badag ya 11-12 lah ama blazer atau inova sekalipun.
Soal kelebihan yang jelas gak diragukan lagi, mobil ini mewah dan leg, dan stabil gan. Kalau agan sekalian penasaran dengan harganya monggo simak beberapa iklan pos kota berikut;

KIA CARNIVAL A/T’  01 TV/CD/VR 18 Komplit istw 58,  5jt TT/Krd Kl.  malang Psr Ciplak Rt10/3 No.  8(H.  Nana)  082124249858/85906143
KIA Carnival Bensin Th 02 Matic Abu2 Met Full Orisinil Intr/Extr ISTIMEWA Terawat 55 Jt Nego :   32007556 Jakarta Pusat
KIA CARNIVAL DIESEL ‘  2001 A/T,  Hitam,  7 Seat,  Sun Roof,  Hrg Nego.   Pasar Mobil Kemayoran Blok Z/9 ph.  700 70 333/ 6542849
KIA CARNIVAL Disel AT 2000 Pjk 1th Pjg Abu2,  JK,  Nopil,  TDp8Jtn Ag.  2,  6Jtn x35 “LIAZ AUTO” Jl.  CIPINANG JAYA 27a JKTM 8194777
KIA CARNIVAL GS 2000 DIESEL Abu2TuaMet/SunRoof/CD/OrsSimpCash64jt,  Ban/ShockBrkrBruWijayaKbyrnKtrWALIKOTA JKS081930252631
KIA CARNIVAL SEDONA DIESEL A/T Th 2003 Biru Muda Met Two Tone Istimewa Spt Baru Khs Pemakai Hub:  0812.  9238.  219
KIA Carnival Th’  2000 AT Semua Ac Dgn Tv Sandruf Hbs Overhul Ory Ban Baru Nopol D Hrg Nego Ac Dgn 0818683272

bagi agan sekalian yang ingin pelajari speknya ataupun fitur-fiturnya baik yang diesel maupun bensin monggo unjungi artikel james Bons terdahulu:
http://2brk.wordpress.com/2011/10/27/rondo-ia-carnival-alternatif-mobil-keluarga-yang-masuk-akal/
Nah kurang lebihnya monggo di lihat berikut,yang Bensin dulu gan ya, nanti yang diesel dibahas di lain artikel, kalau kurang tepat monggo dikritisi kalau kurang monggo ditambah:
  • bensinnya boros banget. Kata temen ku sekitar 1:5.
  • Banyak kasus oli merembes masuk radiator, mesin jadi overheat.
  • spare part nya agak mahal n bengkelnya juga susah
Berikut ini adalah testimoni dari pemilik, copas dari seraya motor:
gue pernah pake carnival taun 2000 bensin…..pake dari baru selama kira2 4thn……dipakenya lumayan banyak…..sampe kira2 km100rb
untuk s.part emang susah dicari&mahal……solusinya gampang koq……cari aja s.part punya mazda yg mirip….coz mesinnya mirip bgt sama mazda cronos V6.
masalah yang gue alamin:
1. selang pwr steering yg keluar dari pompa pwr steering rembes melulu………sampe akhirnya gue kesel, ganti sama pompa2nya sekalian……..baru masalah selesai
2. karet2 pintu sering lengket kalo abis parkir di bawah matahari…….pernah saking susahnya bukapintu, sampe handle pintu tengah patah…..
3. piston master rem bocor terus…….akibatnya kalo nginjek rem agak lama, pedalnya amblas………..masalah baru selesai setelah ganti sama silinder master remnya…..
4. selang radiator (output dari radiator)pernah robek&selang originalnya muahaaalll bgt….akhirnya gue beli selang yang mirip dari mazda……trus ujungnya di potong sedikit supaya bisa masuk di radiator.
5. packing cyl head, 2 kali bocor…..akibatnya air bercampur sama oli (kopi susu) trus over heat deh……yang bikin repot, gantinya susah bgt karena mesin V6 melintang, untuk buka cyl head yg belakang mentok sama firewall…….jadi kalo mau lepas cyl head yg belakang, mesinnya kudu diturunin dulu alias digantung pake crane……(1/2 turun mesin)
6. engine mounting 2x ganti
dari rewelnya carnival gue itu, bisa diambil kesimpulan……..hati2 sama yg namanya KARET!!!!!! kalau anda perhatikan, semua masalah berasal dari komponen yg terbuat dari karet……
kelebihannya….tarikan lumayan……stabil, mantep di kebut…….nyaman,lega & struktur body kuat (bumper blkg pernah di tabrak keras bgt sama cherokee ABRI di jln tol…..tapi gapapa tuh….bumpernya cuma lecet2 aja)
kalo boleh gue saranin, ini mobil enak bgt….tapi hati2 sama semua komponen yg terbuat dari karet………..kalo bisa mesinnya di ganti aja……pake mesin jepang
Monggo!

sumber http://bonsaibiker.com/2013/05/03/wow-rondo-kia-carnival-murah-meriah-gan-50-jeti-masih-kinyis-kinyis/