sistem pengisian strum Yamaha Viktion lama beda dengan NVL. Kali viktion pake 3 phase apabila aki tekor bisa dihidupkan dengan stater engkol (slah) kalo NVL pake 1 phase apabila aki tekor ya dorong belokan aki baru. Maybe pengapian 1 phase lebih murah dalam produksi.
(kelihatannya harus pikir dulu gantikan si T-RECK (tiger revo cruiser moto kece) dengan NVL)
Tidak adanya Kick Stater New (Vixion Lightening) memang menimbulkan polemik. Banyak biker beranggapan Yimm hanya cost down doang tanpa memikirkan belakangnya. Gimana kalau aki tekor ? Gimana kalau tombol start rusak ? Mau gak mau harus dorong dong .
Mengapa CBR 150 yang tanpa kick stater tidak di permasalahkan, tapi ketika New Vixion tanpa kick stater langsung ribut ??? Ada yang bisa jawab
Berbeda dengan Honda, Walaupun nyomot mesin dari CBR 150 yang notabene tanpa kick stater, mesin CB 150 R justru memasangkan kembali kick stater. Menurut saya pribadi ada dua alas an. Pertama, mengangakt mindset konsumen. Honda tahu kegelisahan konsumen bila motor tanpa kick stater. Ingat kasus Suzuki Thunder ??? Kedua,,, “Mungkin” ECU PGM FI Honda di design agar bisa bekerja pada tegangan rendah. Misalnya 5 V,,, pada tegangan ini mungkin stater elektrik sudah gak bisa bekerja. Akan tetapi ECU masih bisa bekerja, sehingga di engkolpun masih bisa hidup.
Catatan : Pendapat Yang kedua ini hanya pendapat pribadi saya , bukan rilis resmi dari Honda.
So… Menurut saya pribadi Motor tanpa kick stater gak masalah. Toh sudah injeksi. Jadi gak sesulit menghidupkan motor karbu di pagi hari. Yang penting rajin-rajin aja ngerawat aki motor (bukankah aki kering tanpa perawatan? Au ah,,,, )
sumber http://chozinahmad.wordpress.com/2012/11/06/motor-injeksi-aki-tekor-gak-bisa-hidup-terus-apa-gunanya-kick-stater/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar