Kopling Carry Katana Karimun enteng dengan perpanjang lengan
Beberapa
pengguna Karimun kotak sering mengeluhkan pedal kopling Karimun yang
terasa sangat keras, alhasil kalo ditengah macet sangat-sangat menyiksa
apalagi bila pengendara seorang wanita.
Ada beberapa komen mengenai penyebab kerasnya kopling ini, seperti
kopling yang sudah mau habis atau kabel kopling yang mulai seret karena
karat atau pelumasnya sudah kering. Ada juga yang berpendapat kalau
mobil SUZUKI seperti Karimun, Carry dan Katana memang mempunyai kopling
yang cukup keras.Tapi tenang ada kok solusinya, sekarang sudah ada yang menjual paket kit-add-on untung pengenteng kopling (pedal kopling tepatnya) yang bisa langsung diaplikasikan dan dirasakan khasiatnya (he he he kaya obat aja).
Paket kit ini memang tidak akan di temui di BERESS, saya sendiri mendapatkannya di Toko 74 yang menjual spareparts SUZUKI di Atrium Senen di Pusat Onderdilnya lantai paling atas, harganya berkisar Rp. 250.000,- per set belum termasuk pemasangan. Ongkos pasangnya sendiri sekitar Rp. 50.000,- Tapi kalau mau masang sendiri gampang kok, saya berikan step-stepnya.
PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Sebelum memulai siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.
- Dongkrak
- Kunci Sok 12, 10, 14
- Tang Buaya
- Senter (jika garasi cukup gelap)
Dongkrak Karimun sehingga cukup ruang bagi Anda untuk ngolong dibagian depan Karimun, pastikan dongkrak terkunci dan posisi cukup kuat.
STEP 2
Lihat pada bagian mounting disisi kanan depan yang menahan posisi kabel kopling, buka 2 buah baut dengan kunci pas.
STEP 3
Setelah 2 buah baut dicopot, pasang mounting baru
di tempat tersebut, dan pasang kembali bautnya, kemudian kencangkan.
Setelah terpasang akan tampak seperti gambar di samping ini. Mounting yang baru juga mempunyai lubang untuk jalur kabel kopling, nantinya kita akan memindahkan jalur kabel kopling melalui lubang mounting baru tersebut.
STEP 4
Lepaskan kabel kopling dari pengaitnya yang ada di depan bawah dekat dengan bumper, copot juga dari jalur kabel kopling yang lama kemudian masukan ke jalur kabel kopling yang baru.
STEP 5
Sekarang saatnya untuk melepas lengan pengait kabel kopling dari tempatnya. Gunakan tang buaya untuk membuka pin pengaman. Setelah itu kendurkan baut pengunci sehingga lengan pengait kabel kopling dapat dilepas.
STEP 6
Setelah dilepas pasang dengan mounting yang ada sehingga lengan pengait menjadi lebih panjang. Kunci dengan mengencangkan bautnya. Nanti setelah terpasang akan tampak seperti gambar disamping.
Sebenarnya disinilah letak kunci fungsi pengenteng kopling, yaitu dengan memanjangkan lengan pengait ke kabel kopling, seperti prinsip pengungkit dimana makin panjang lengan pengungkit maka gaya yang diberikan makin kecil untuk mengangkat benda.
STEP 7
Pasang kembali lengan pengait pada dudukannya, pasang pin pengaman dan pasang kembali kabel kopling yang telah melalui jalur mounting baru ke ujung pengait yang baru.
Setelah terpasang dengan baik dan benar, turunkan dongkrak, kemudian tes injak pedal kopling, coba rasakan, mak nyuss entenggggg…. kayak kopling sedan he he he, kalo gak enteng ada gak ada perubahan berarti ada yang salah pemasangannya, cek lagi.
NOTE:
Jangan lupa untuk mengatur jarak main kopling dengan mengatur baut pada kabel kopling, bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai selera.
sumber karimun.wordpress.com
kalo ini karimun mutasi gen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar