Kopling Carry Katana Karimun enteng dengan perpanjang lengan
Tapi tenang ada kok solusinya, sekarang sudah ada yang menjual paket kit-add-on untung pengenteng kopling (pedal kopling tepatnya) yang bisa langsung diaplikasikan dan dirasakan khasiatnya (he he he kaya obat aja).
Paket kit ini memang tidak akan di temui di BERESS, saya sendiri mendapatkannya di Toko 74 yang menjual spareparts SUZUKI di Atrium Senen di Pusat Onderdilnya lantai paling atas, harganya berkisar Rp. 250.000,- per set belum termasuk pemasangan. Ongkos pasangnya sendiri sekitar Rp. 50.000,- Tapi kalau mau masang sendiri gampang kok, saya berikan step-stepnya.
PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Sebelum memulai siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.
- Dongkrak
- Kunci Sok 12, 10, 14
- Tang Buaya
- Senter (jika garasi cukup gelap)
Dongkrak Karimun sehingga cukup ruang bagi Anda untuk ngolong dibagian depan Karimun, pastikan dongkrak terkunci dan posisi cukup kuat.
STEP 2
Setelah 2 buah baut dicopot, pasang mounting baru
di tempat tersebut, dan pasang kembali bautnya, kemudian kencangkan.
Setelah terpasang akan tampak seperti gambar di samping ini. Mounting yang baru juga mempunyai lubang untuk jalur kabel kopling, nantinya kita akan memindahkan jalur kabel kopling melalui lubang mounting baru tersebut.
Lepaskan kabel kopling dari pengaitnya yang ada di depan bawah dekat dengan bumper, copot juga dari jalur kabel kopling yang lama kemudian masukan ke jalur kabel kopling yang baru.
Sekarang saatnya untuk melepas lengan pengait kabel kopling dari tempatnya. Gunakan tang buaya untuk membuka pin pengaman. Setelah itu kendurkan baut pengunci sehingga lengan pengait kabel kopling dapat dilepas.
STEP 6
Sebenarnya disinilah letak kunci fungsi pengenteng kopling, yaitu dengan memanjangkan lengan pengait ke kabel kopling, seperti prinsip pengungkit dimana makin panjang lengan pengungkit maka gaya yang diberikan makin kecil untuk mengangkat benda.
Pasang kembali lengan pengait pada dudukannya, pasang pin pengaman dan pasang kembali kabel kopling yang telah melalui jalur mounting baru ke ujung pengait yang baru.
Setelah terpasang dengan baik dan benar, turunkan dongkrak, kemudian tes injak pedal kopling, coba rasakan, mak nyuss entenggggg…. kayak kopling sedan he he he, kalo gak enteng ada gak ada perubahan berarti ada yang salah pemasangannya, cek lagi.
NOTE:
Jangan lupa untuk mengatur jarak main kopling dengan mengatur baut pada kabel kopling, bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai selera.
sumber karimun.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar