haluuu permisi numpang lewat, gara-gara ditelp. kang Mulyanto hourex lama gak on air, lupa kalo saya punya blog wekeke, tadi pagi saya nongkrong di warung kopi terdapat penampakan Suzuki RGR gen 1 yaitu keluaran tahun 1991, waktu ngedapetin motor ini kena mahar 4 jeti iseng – iseng saya nanya berapa harganya kalo mau dilego lagi wehh alamaak 6 jeti!!! hmm kalo dibilang mahal atau nggak itu sih relatif ya, soalnya motor kondisinya terawat. sripingnya itu loh yang gak nahan masih asli. jarang saya ngelihat motor masih dalam keadaan aslinya. ngelihat motor ini jadi inget kenangan dahulu. waktu itu tiap sore pulang Madrasah ( setingkat SD ) melewati rumah penjual kue Chinese punya RGR 150, nyampe rumah berandai – andai punya motor ini apalagi ada tulisan SSS ( Super Scavenging System ) keren dah jaman segitu, suatu hari saya minta ama bapak saya supaya vespa kesayangannya dituker ama RGR ( kan sama- sama berasap ) wah edanya saya ini akhirnya SMP saya keturutan dibelikan Suzuki RGR Gen 2. asli ini motor kenceng banget ( termasuk bensin dan olinya hahaha ) jambakan akselerasi mak nyuss sensasi badan ini terasa kebawa ke belakang, habis ngebut dan turun dari motor badan ini gemeteran ( maklum saya cupu kala itu hehe ). yup segitu aja dulu cerita nostalgia motor RGR 150 ini. mungkin ada yang punya kesan dengan motor ini? RGR 150 adalah motor kencang, kini tinggal kenangan, yang sudah mewarnai jagad permotoran Sport 2 tak di Indonesia.
Suzuki RGR
Di awal kemunculannya jadi idola para remaja muda….toh dominasinya lambat laun kalah oleh Kawasaki Ninja, Honda nSR dan Yamaha TZM….yg jelas2 lebih keren bentuknya dan dari segi power lebih bertenaga..namun bagi Suzuki lover di Indonesia…motor ini lah motor paling keren dan bertenaga yg pernah diproduksi oleh Suzuki (di Indonesia tentunya)..berikut specnya:
DIMENSIONS AND DRY MASS
Overall length: 1,996mm
Overall width: 664mm
Overall height: 1,148mm
Seat height: 780mm
Wheel base: 1,333mm
Ground clearance: 133mm
Dry mass: 128 kg
ENGINE
Type: 2-Stroke liquid cooled
Intake system: Crankcase needlevalve
Intake control system: SIPC (Suzuki Intake Pulse Control)
Number of cylinders: 1
Bore: 61.00 mm
Stroke: 50.60 mm
Piston displacement: 148 cc
Corrected compression ratio: .6.8: 1
Carburettor: Mikuni tm 28 ss, slingshot type
Air cleaner: Wet sump
Starter system: Primary kick
Lubrication system: Liquid cooled
TRANSMISSION
Clutch: Wet multi plate type
Transmission: 4-speed
Gearshift pattern: 1 down, 5 up
Primary reduction: 3.350 (67/20)
Final reduction: 2.937 (48/16)
Gear ratios
Low: 2.636 (29/11)
2nd: 1.857 (26/11)
3rd: 1.333 (20/15)
4th: 1.095 (23/21)
5th: 0.916 (22/24)
6th: 0.833 (20/24)
Drive chain: DID: 428 Vca Or takasago: RJ 428ho
CHASSIS
Frame: S.R.F.B SUZUKI racing Frame BOX
Front suspension: Telescopic shock
Rear suspension: Single shock, new link
Steering angle: 35 deg (left & right)
Caster: 25 deg
Trail: 94mm
Turning radius: 2,600mm
Front brake: disc 290mm dia
Rear brake: disc 210mm dia
Front tyre size: 90/90-17 49S 4pr
Rear tyre size: 110/90-17 60S 4pr
ELECTRICAL SYSTEM
Ignition system: SUZUKI CDI
Ignition timing: 14 deg T.P.D.C at 6000 rpm
Spark plug: NGK: B8ES ND: W24 ESU
Battery: 12V 10.8 kc (3Ah) 10 HR
Generator: MAGNETO
Fuse: 15A
Headlight: 12V 30/30 x 2W
Tail/Brake light: 5/18 x 2W
Turn signal light: 10W
Speedometer light: 1.7W
Neutral indicator light: 1.7W
Turn signal indicator light: 3W
2T oil indicator light: 3W
Oil level indicator light: 3W
CAPACITIES
Fuel tank including reserve: 14 liter
Engine oil tank: 1.2 liter
Transmission oil: 1050 ml (change)
Front fork oil: 302 ml In solution: 1050 ml
Sumber RG-V mulus : http://bedunduk.wordpress.com/2012/04/04/suzi-rgr-91-nostalgia-90an/
Sumber Speck : http://asmarantaka.wordpress.com/2010/07/25/antara-honda-nsr-yamaha-tzm-suzuki-rgr-dan-kawasaki-ninja-rr-milih-mana/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar