Banyak orang berasumsi bahwa rem cakram adalah free maintenance paling hanya ganti kampas jika sudah aus itu saja? tapi percaya gak masbro rem cakram sebenernya gak bebas perawatan, perawatan disini hanya dilakukan 1 tahun sekali atau setiap 20rb km lho apanya yang mau dirawat??? Nah dalam piranti ciet terutama disk brake itu yang paling vital selain kampas adalah fluida atau yang biasa kita sebut minyak rem,oli rem dsb. Nah fluida tersebut juga ada masa pakainya 1 tahun atau 20rb km walaupun kita gak kuras selama 3 tahun juga gak ada masalah besar tapi dibalik itu kinerja fluida mulai berkurang karena fluida merupakan cairan untuk mendorong kaliper untuk menjepit kampas jadi kita harus merawatnya jangan sampai rem blong baru kita kuras.
Nah perawatan disini adalah untuk mengganti fluida tersebut dengan yang baru pilihanya pun banyak kebanyakan yang dipakai dimotor adalah jenis DOT3 dan DOT4 makin besar angkanya makin pakem karena titik didih yang tinggi, juga ada juga DOT5 tapi NSS gak rekomded untuk motor pilih saja 2 diatara dot tersebut pilihannya ada merk Jumbo,Top1,AHM,prestone dll. Mencarinya pun gampang hampir setiap beres maupun pinggir jalan yang menyediakan cairan tersebut harganya pun murah merih berkisar 5rb sampai 50 /botol.
Untuk mengganti cairan tersebut hendaknya orang yang paham tentang rem cakram jangan coba sendiri jika kita tidak tau caranya ujung ujungnya motor masuk bengkel karena rem blong tapi jika masbro ngotot mau ganti sendiri berikut caranya,
- pertama tama kita beli fluidanya.
- jika sudah siapkan obeng plus dan kunci pas/ring 8mm,jangan lupa siapkan selang waterpas.
- masukan selang waterpas ke lubang nipel,selang disini untuk membantu masih ada atau tidaknya angin dalam selang dan membuang sisa fluida biar gak kececer kemana mana.
- jika fluida sudah gak keluar lagi dari selang waterpas kemudian tutup penutup nipel searah jarum jam.
- lakukan buka tutup penutup nipel diiringi ngocok handel ini dilakukan untuk membuang angin didalam master,selang dan kaliper lakukan berulang kali sampai angin tidak keluar dari selang waterpas tersebut dan saat itu yang keluar hanya fluida dan handel pun sudah terasa keras kalo handel masih seperti langkah 8 berati angin belum keluar semua dari piranti tersebut.
co pas dari http://skullsmokers.wordpress.com/2011/11/09/rawat-rem-cakram-biar-makin-ciett/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar